Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Minggu, 19 Mei 2013


PENDAHULUAN
Sendok adalah alat makan yang memiliki cekungan berbentuk oval atau bulat lonjong di satu ujung dan gagang di ujung lainnya. Di Indonesia sendok umumnya dipegang di tangan kanan untuk mengambil makanan dari piring atau mangkuk dan menyuapkannya ke mulut, sementara garpu yang dipegang di tangan kiri membantu memasukkan makanan ke sendok.
Sendok dapat terbuat dari berbagai material. Yang paling umum adalah logam, tapi juga pada zaman dulu dari kayu. Ada juga sendok yang terbuat dari plastik, biasanya hanya digunakan sekali dan kemudian dibuang boleh juga disimpan untuk kenang-kenangan.
Dalam kesempatan ini kami akan membahas tentang material-material yang terkandung dalam sendok.



BAHAN /MATERIAL YG DI GUNAKAN
STAINLESSS merupakan bahan yang tepat untuk membuat sendok makan, karena stanless bisa bertahan
untuk beberapa waktu yang cukup lama. Stainless adalah baja yang di campur Krom(Cr) dan Nikel(Ni), Baja yang dibuat dengan campuran nikel memiliki tingkat ketahanan korosi yang lebih tinggi dari baja biasa. Campuran dari nikel, krom, dan besi bahkan menghasilkan baja tahan karat yang biasa disebut stainless steel.
 Berikut penjelasan tentang krom dan nikel :

1 . KROM (Cr)
Kromium adalah sebuah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cr dan nomor atom 24.
Khrom digunakan untuk mengeraskan baja, pembuatan baja tahan karat dan membentuk banyak alloy (logam campuran) yang berguna. Kebanyakan digunakan dalam proses pelapisan logam untuk menghasilkan permukaan logam yang keras dan indah dan juga dapat mencegah korosi. Khrom memberikan warna hijau emerald pada kaca. 

2 .  Nikel (Ni)
Nikel adalah unsur kimia dengan lambang Ni dan nomor atomnya adalah 28. Nikel termasuk dalam logam transisi yang keras dan ulet. Secara fisik, Nikel tampak berkilau dengan sedikit warna keemasan. Nikel bersifat ferromagnetik dalam suhu ruangan. Nikel sangat reaktif dengan oksigen. Kandungan nikel yang tinggi biasanya dipastikan berasal dari meteorit. dimana pada sat diluar angkasa, nikel terlindung dari pengaruh oksigen. Nikel di bumi ini biasanya bercampur dengan besi yang berarti harus menggunakan proses khusus untuk memurnikan nikel tersebut. Nikel campuran, yang biasanya bercampur degan besi, memiliki cadangan-cadangan yang bertebaran di pelosok bumi.






PEMBAHASAN
Sendok adalah alat makan yang memiliki cekungan berbentuk oval atau bulat lonjong di satu ujung dan gagang di ujung lainnya. Sendok dapat terbuat dari berbagai material. Yang paling umum adalah logam, tapi juga pada zaman dulu dari kayu. Ada juga sendok yang terbuat dari plastik, biasanya hanya digunakan sekali dan kemudian dibuang boleh juga disimpan untuk kenang-kenangan,karena sendok yang terbuat dari plastik kadar kesehatannya kuarang di banding sendok dari logam(stainless).
Material dasar yang umum digunakan untuk membuat Sendok Makan biasanya adalah Stainless Steel. Mengapa?
Stainless steel dapat bertahan dari serangan karat berkat interaksi bahan-bahan campurannya dengan alam. Stainless steel terdiri dari besi, krom, mangan, silikon, karbon dan seringkali nikel and molibdenum dalam jumlah yang cukup banyak.
Elemen-elemen ini bereaksi dengan oksigen yang ada di air dan udara membentuk sebuah lapisan yang sangat tipis dan stabil yang mengandung produk dari proses karat/korosi yaitu metal oksida dan hidroksida. Krom, bereaksi dengan oksigen, memegang peranan penting dalam pembentukan lapisan korosi ini. Pada kenyataannya, semua stainless steel mengandung paling sedikit 10% krom.
Keberadaan lapisan korosi yang tipis ini mencegah proses korosi berikutnya dengan berlaku sebagai tembok yang menghalangi oksigen dan air bersentuhan dengan permukaan logam. Hanya beberapa lapisan atom saja cukup untuk mengurangi kecepatan proses karat selambat mungkin karena lapisan korosi tersebut terbentuk dengan sangat rapat. Lapisan korosi ini lebih tipis dari panjang gelombang cahaya sehingga tidak mungkin untuk melihatnya tanpa bantuan instrumen moderen.
Besi biasa, berbeda dengan stainless steel, permukaannya tidak dilindungi apapun sehingga mudah bereaksi dengan oksigen dan membentuk lapisan Fe2O3 atau hidroksida yang terus menerus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Lapisan korosi ini makin lama makin menebal dan kita kenal sebagai ‘karat’.
Stainless steel, dapat bertahan ‘stainless’ atau ‘tidak bernoda’ justru karena dilindungi oleh lapisan karat dalam skala atomik.
Oleh karen itu, mengapa sendok dibuat dari stainlees steel, karena sendok yang di buat dari stainlees steell tidak mudah terkena korosi  dan aman untuk digunakan, tetapi sendok yang berlebihan menggunakan bahan kromium akan berdampak pada kesehatan manusia, karena Logam krom (Cr) salah satu jenis polutan logam berat yang bersifat toksik, dalam tubuh logam krom biasanya berada dalam keadaan sebagai ion Cr3+. Krom dapat menyebabkan kanker paru-paru, kerusakan hati (liver) dan ginjal. Jika kontak dengan kulit menyebabkan iritasi dan jika tertelan dapat menyebabkan sakit perut dan muntah.





KESIMPULAN

Sendok yang terbuat dari stainless stell lebih aman penggunaannya dari pada sendok yang terbuat dari plastik, biasanya sendok plastik hanya digunakan sekali dan kemudian dibuang boleh juga disimpan untuk kenang-kenangan,karena sendok yang terbuat dari plastik kadar kesehatannya kuarang di banding sendok dari logam(stainless).

  

SARAN
Menurut kami penggunaan kadar kromium pada steinless steell jangan terlalu berlebihan, apalagi stainless yang akan digunakan untuk membuat sendok. KarenaLogam krom (Cr) adalah salah satu jenis polutan logam berat yang bersifat toksik, dalam tubuh logam krom biasanya berada dalam keadaan sebagai ion Cr3+. Krom dapat menyebabkan kanker paru-paru, kerusakan hati (liver) dan ginjal. Jika kontak dengan kulit menyebabkan iritasi dan jika tertelan dapat menyebabkan sakit perut dan muntah.

5 Responses so far.

  1. Unknown says:

    terimakasih informasinya pak sangat membantu saya yang bergerak dalam bidang pembuatan trolley stainless, jika anda berkenan melihat produk kami silahkan Klik disini

  2. Unknown says:

    berarti ada resikonya juga ya kalo cromnya terkikis dan tercampur dengan makanan yang kita makan ?
    btw Thanks for your article and
    sukses selalu

  3. Unknown says:

    artikelnya sangat bagus dan bermanfaat bagi saya yang sedang belajar tentang stainless.

    Terimakasih banyak


  4. terimakasih gan semoga kita bisa bekerja sama dengan perusahaan saya yang bergerak dalam bidang kerajinan stainless

  5. Unknown says:

    Gan ada yang kalau saya mau custome sendok stenlis ada yang bisa ngga ya..? Kalau ada yang bisa bisa info ke ni 082220475449

// Copyright © @MPwicaksana //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //